English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

26 Mei 2009

SCORM Overview (One Minute With SCORM)


Salah satu metode atau standar yang menjadi bagian dalam penelitian Tugas Akhir saya yang akan saya bagi-bagikan kepada yang membutuhkan karena sangat sedikitnya informasi dalam bahasa indonesia yaitu SCORM.

SCORM = Sharable Content Object Reference Model adalah sebuah standar internasional untuk sistem pembelajaran untuk media E-Learning yang di kembangkan atas inisiatif dari para ilmuwan dari Advanced Distributed Learning (ADL) pada tahun 1999, yang merupakan lembaga yang dibentuk oleh United State Department of Defence (DoD).

Secara hakikat SCORM bukanlah suatu bentuk permodelan yang baru, sesuatu yang baru, akan tetapi SCORM hanyalah bentuk standar yang dapat menyatukan e-learning kepada standar, petunjuk dan spesifikasi bagaimana e-learning bekerja, sehingga SCORM adalah kumpulan standar, petunjuk dan spesifikasi untuk membangun web based e-learning yang mana SCORM membentuk komunikasi antara client side content dengan host sistem atau dalam SCORM disebut Run Tiem Environment (SCORM RTE). SCORM juga didefinisikan mengenai bagaimana suatu content dibentuk secara enkapsulasi.

Ada 3 kriteria aspek utama reference model seperti SCORM :

1. Sistem harus dengan mudah memberikan petunjuk yang dapat dimengerti dan diimplementasikan
oleh pengembang e-learning

2. Sistem harus mudah diterapkan, dimengerti dan digunakan oleh pengguna sebisa mungkin

3. Sistem dapat memetakan perubahan model yang di inginkan oleh pengembang e-learning

Untuk membantu mendapatkan suatu model SCORM menurut Philips Dodds (2006) terdapat 6 (enam) fungsi starting point dari SCORM

1. Accessibility : kemampuan untuk mencari dan mengakses isi pembelajaran dari lokai server yang
berbeda

2. Adaptability : Kemampuan untuk menyesuaikan instruksi terhadap kebutuhan probadi atau
organisasi

3. Interopability : Kemampuan untuk mengambil komponen2 instruksional yang dikembangkan pada
suatu lokasi server dengan kelengkapan tool atau platformnya dan dapat digunakan
pada lain lokasi server (multi platform)

4. Reusability : content pembelajaran dapat denagn digunakan pada aplikasi lain

5. Affordability : Kemampuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dengan mengurangi
biaya dan waktu yang dibutuhkan dalam pengirimana instruksi

6. Durability : Kemampuan untuk bertahan pada perubahan dan perkembangan teknologi tanpa
pengeluaran biaya untuk mendesain, mengkonfigurasi, dan penyimpanan ulang


to be continued...........


Referensi :

ADL, 2006, SCORM Best Practice Guide For Content Development

Philips Dodds, 2006, SCORM 2004 3 th Edition Overview.

SCORM : en.wikipedia.org/wiki/SCOR
M

Tidak ada komentar: